Friday, December 31, 2010

6 Platform Tablet 2011

Sistem operasi atau platform mobile yang kini tengah naik daun juga telah disiapkan untuk perangkat tablet, karena di tahun 2011 nanti diperkirakan bahwa perangkat tablet akan menjadi populer seiring dengan perkembangan hardware dan aplikasi yang ada.
Daftar berikut adalah beberapa platform yang kemungkinan akan booming di tahun 2011. Daftar kami urutkan berdasarkan kriteria tertentu :

1. iOS
Sistem operasi mobile dari Apple tidak hanya membuat semua nya terkesan "ajaib" dengan  keramahannya terhadap sentuhan jari seperti yang terdapat pada iPhone dan iPod Touch, namun juga terdapat pada iPad. Apple iPad saat ini telah menjadi  pemain yang dominan di pasar tablet dan kemungkinan besar akan menjadi tablet unggulan pada tahun 2011. Di antara alasan banyak orang yang menyukai perangkat tersebut, platform ini juga semakin banyak mendapatkan aplikasi.

Walaupun dominasi iOS 'pasti akan ditantang oleh platform lain yakni Android, dimana sebelumnya kita telah melihat banyaknya beragam tablet yang menggunakan platform ini semakin bersaing dengan iPad, seperti Samsung Galaxy Tab yang disebut-sebut memiliki keunggulan lebih dibanding iPad.

2. Android
Selain Samsung, kami berharap dapat melihat tablet lain yang berjalan dengan platform Google. Motorola, LG, Dell dan HTC semua masuk dalamm daftar produsen yang akan bergantung pada sistem operasi Android mobile untuk mengubah tablet mereka menjadi produk pembunuh iPad. Peluncuran Android 3.0 Honeycumb akan membawa perbaikan antarmuka yang dioptimalkan untuk perangkat tablet.


Google dicintai oleh pengembang dan beberapa perangkat tablet Android sat ini sudah jadir dipasaran, kami tidak meragukan bahwa dalam waktu kedepan akan banyak aplikasi yang ditujukan untuk peragkat tablet berbasis Android ini.

3. MeeGO
Hasil dari proyek kerjasama yang dilakukan antara Nokia dan Intel kemungkinan akan diperkenalkan pada ajang CES pada bulan Januari 2011 nanti atau mungkin akan jadir pada perjetalan Mobile World Congress 2011 pada bulan Februari nanti di Barcelona. Platform MeeGo telah diprediksi akan jadir sebelum tahun 2010 berakhir namun nyatanya perangkat ini masih harus mengalami penundaan hingga benar-benar siap hadir untuk pasar yang lebih luas.

Maemo, yang merupakan pendahulu dari MeeGo, yang dianut oleh masyarakat hacking dan sistemoperasi terbuka untuk menggali evolusi platform. Adapun adopsi mass market, Nokia dan Intel akan harus benar-benar serius dan konsisten dengan ekosistem, termasuk media, untuk menarik para pengembang untuk port aplikasi mereka ke platform baru.

4. WebOS
Kami sudah mendengar desas-desus tentang keberadaan prangkat tablet webOS yang cukup bertenaga untuk beberapa waktu sekarang. Semoga pada ajang CES nanti, HP dan Palm menunjukkan kepada masyarakat apa yang teah mereka perbuat untuk mengjasilkan produk barunya terutama perangkat tablet Saat ini Palm WebOS sendiri telah digunakan pada peragkat Palm Pre dan Palm Pre 2 dan ini merupakan platform yang cukup menarik.

Memang berat bagi WebOS untuk berkompetisi dengan platform lain yang terlihat lebih memiliki massa yang banyak namun tidak menuntup kemungkinan bahwa WebOS bisa menjadi paltform populer untuk perangkat tablet di masa depan.

5. Windows
Microsoft memang telah mencoba mengemas Windows 7 sebagai sistem operasi untuk digunakan pada peragkat tablet, namun sepertinya Microsoft harus membenahi platform miliknya agar lebih optimal untuk digunakan pada perangkat tablet, terlebih karena produk Microsoft dikenal sebagau platform  yang rakus terhadap sumber daya.
Sebelumnya Microsoft juga telah mengembangkan sistem operasi Windows yang khusus untuk digunakan pada perangkat tablet bernama Origami, namun sepertinya itu tidak mendapatkan respon yang baik dari pengguna.

6. BlackBerry
Penggemar BlackBerry telah tidak sabar untuk menanti kehadiran perangkat BlackBerry tablet yang bernama BlackBerry Playbook. RIM memang tengah mengerjakan PRnya dengan mengembangkan platform baru dan mengakuisisi perusahaan-perusahaan untuk ekosistem yang baru ini, yang tiada lain adalah demi memberikan pegalaman menarik bagi para penggunanya.

Namun, kami tidak yakin apakah taktik yang sama yang dilakukan untuk ponsel BlackBerry juga akan bekerja untuk tablet. Tablet pasti dapat meningkatkan produktivitas pekerja mobile hari ini, tetapi mereka tidak untuk menelepon, maka menempatkan penekanan pada pengguna perusahaanmungkin akan cukup releban. Perangkat tablet PlayBook akan menggunakan sistem operasi baru berama QNX.

sumber : intomobile, jeruknipis

0 komentar:

Post a Comment

Add to Google Reader or Homepage

Add to The Free Dictionary

Technology Blogs

Powered by  MyPagerank.Net Powered by FeedBurner

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More