Saturday, December 25, 2010

Cara Menjadi Terkenal di Facebook

Ingin menjadi orang paling populer di facebook? yang harus anda lakukan adalah terus menulis status terbaru, tulis tentang musik dan olahraga, jangan terlalu emosional, jangan tulis tentang keluarga, dalam menulis update status jangan hanya pada waktu tertentu, tulis update kapan saja anda sempat untuk menulis update status. Terakhir, jangan terlalu sering menggunakan kata saya atau aku.
Tips di atas berdasarkan sebuah studi terbaru tentang cara orang menulis update status dan reaksi orang terhadap update status orang lain.

Penelitian ini dilakukan di Amerika dengan cara mengumpulkan data status facebooker yang menggunakan bahasa inggris amerika. Jumlah sampel penelitian adalah satu juta status update. Status-status update tersebut kemudian dikumpulkan dan dipisahkan sesuai dengan status yang sama. Ada 68 kategori kata yang berbeda berdasarkan Linguistic Inquiry dan Word Count (LIWC). Analisis dilakukan dengan menggunakan sebuah software yang dibuat oleh James W. Pennebaker, Roger J. Booth, dan Martha E. Francis. Beberapa contoh kategori kata yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kata bentuk lampau, preposisi, agama dan perasaan positif.

Beberapa hasil penelitian yaitu, remaja lebih banyak mengekspresikan emosi lebih negatif daripada orang tua. Remaja lebih mudah mengeluarkan kata-kata kotor, egoisme, sumpah serapah, dan lebih banyak menggunakan kata "aku" atau saya.
Ternyata, orang-orang di facebook itu adalah orang pagi. Artinya, mereka update status di pagi hari. Semakin siang status yang ditulis semakin negatif. Ini artinya, memulai hari dengan suasana hati yang baik, dan ketika aktivitas mulai dilakukan, berbagai tekanan didapatkan, sehingga membuat stres. Hal ini berimbas pada update status yang ditulis.

Studi juga menemukan bahwa para blogger dan pembaca berita akan lebih banyak aktivitas online ketika ada tulisan yang bersifat negatif. Sedangkan pada facebook, orang biasanya meng-klik tombil like sebagai ekspresi positif.
Orang juga kurang suka komentar untuk update status yang berbau religius, dan jarang komen update status yang berhubungan dengan tidur.

Itulah hasil studi tentang update status facebook di amerika, bagaimana dengan di Indonesia? Apakah hasilnya akan sama dengan di Amerika?

0 komentar:

Post a Comment

Add to Google Reader or Homepage

Add to The Free Dictionary

Technology Blogs

Powered by  MyPagerank.Net Powered by FeedBurner

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More