Wednesday, December 29, 2010

Review Samsung C3510t Genoa TV



Ponsel TV identik dengan ponsel keluaran cina, tapi kini Samsung ikut bermain didalamnya. Keunggulan dari ponsel TV keluaran samsung adalah fitur TV analog.

Samsung C3510t atau disebut juga dengan nama Samsung Genoa TV memang mempunyai kemiripan dengan pendahulunya yaitu Samsung Genoa. Secara fisik Samsung genoa TV lebih bongsong yaitu 106.4 x 55.9 x 13.2 mm, bandingkan dengan Samsung Genoa yang dimensinya : 103.9 x 55.4 x 12.9 mm.
Layar Samsung Genoa TV kategori LCD dengan layar sentuh TFT resitif, berkedalaman 262 ribu warna QVGA (240 x 320 pixel) memanjakan penggunanya dalam menjelajah fitur-fitur dan menu-menu yang ada pada layar.

Tombol-tombol pada body disematkan pada sisi kiri dan kanan body, dan tentu saja pada muka body. Tombol sebelah kiri adalah tombol volume yang letaknya bersebelahan dengan slot microSD. Tombol sebelah kanan adalah tombol pelepas kunci, shutter kamera, dan slot kabel data dan earphone bawaan Samsung tipe khusus. Tombol pada muka sama dengan tombol Samsung Genoa yaitu tombol call dan stop call, serta tombol ok, cuma yang membedakan adalah tulisan "Mobile TV". Sayang sekali walaupun sudah berlabel mobile TV tapi tidak ada tombol khusus untuk langsung menuju ke fitur tersebut. Audio jack ukuran 3,5 mm disematkan bersebelahan dengan antena eksternal TV di bagian atas ponsel.


Kamera pada ponsel ini hanya seadanya yaitu 1.3 MP dengan resolusi max 1280 x 960 pixel. Namun bukan berarti fitur untuk pemotretan juga seadanya. Contohnya fitur single shoot, continous shoot, serta panorama frame cukup memberikan variasi pada sesi pemotretan. Jika kita mau lebih mendalami pada menu setting kamera kita akan menemukan lebih banyak fitur yang cukup beragam. Rekaman video secara normal berukuran 320 x 240 pixel, dan untuk MMS ukuran max-nya 176 x 144 pixel. Dalam merekam video ada beberapa efek yang bisa digunakan yaitu black & white, shepia, negative, dan watercolour.
Kamera bisa optimal jika digunakan di luar ruangan. Tidak ada dukungan flash LED jika digunakan untuk memotret di dalam ruangan hasilnya buram.

Audio yang dihasilkan lumayan bagus bagi penikmat musik. Disamping menyediakan headset khas Samsung, ponsel ini juga menyediakan port audio jack 3,5 mm guna disambungkan ke perangkat lain semisal speaker stereo maupun headset audio universal. Format audio yang dapat diputar yaitu mp3, mar, aac, aac+, e-aac, wma. Sedangkan format video yang dapat dimainkan yaitu 3gp, mpeg4, h.263, h.264. Ada juga kemampuan untuk menampilkan judul lagu, pengelompokan, dan menampilkan album cover khas ponsel multimedia.

Menambahkan fitur mobile TV adalah sebuah terobosan bagi ponsel-ponsel branded, dan Samsung mulai mengawali menyematkan fitur tersebut. Untuk menikmati fitur TV, anda harus masuk menu dulu. TV bisa dilihat dalam posisi vertikal atau horisontal. Pada fitur mobile TV ini ada beberapa menu virtual khas ponsel layar sentuh yaitu volume, channel, channel list, dan fitur more. Fitur more memungkinkan kita untuk rekam gambar aupun gerak selama acara TV berlangsung, serta pengeditan file TV dan pengaturan semua fitur tersebut.

Kemampuan menjelajah internet hanya mengandalkan GPRS dan EDGE. Aplikasi facebook dan twitter juga disematkan didalamnya. Ada juga aplikasi Instant Massaging Palringo yang bisa meng-update beberapa media jejaring sosial.
Samsung Genoa TV ber-platform Java MIDP sehingga bisa memainkan game jenis java ataupun mendownload game2 java. Bluetooth sudah mendukung A2DP, sedangkan kabel data sudah mendukung PC suite, mass storage dan printing. Namun pada paket penjualan tidak disertakan kabel data dan PC suite.

Memori internal 32MB, sedangkan memori eksternal berjenis microSD dengan kapasitas maksimal 8GB. Slot microSD berjenis hotswap, tapi kadang memori eksternal ini tidak bisa dibaca atau error. Paket penjualan juga tidak menyertakan memori eksternal.

Kemungkinan Samsung ingin mengalahkan dominasi ponsel TV cina dan fokusnya hanya fitur TV ini, sedangkan fitur-fitur lain tidak begitu diperhatikan. Jadinya, fitur-fitur lain kurang maksimal. Bagi anda yang ingin menikmati TV di ponsel yang lebih berkualitas daripada TV pada ponsel-ponsel cina, Samsung Genoa TV bisa dicoba. Tapi bagi anda yang bukan hanya TV di ponsel yang menjadi pertimbangan, coba baca lagi review saya di atas.


sumber : ponsel, samsung

artikel terkait :
Samsung C3510t Genoa TV: Cita Rasa TV Analog di Produk Lama 
Spesifikasi dan Harga Samsung C3510T GenoA TV

0 komentar:

Post a Comment

Add to Google Reader or Homepage

Add to The Free Dictionary

Technology Blogs

Powered by  MyPagerank.Net Powered by FeedBurner

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More